gunadarma.ac.id

Minggu, 09 Oktober 2016

Perbandingan Kawasaki KLX 150 S dan D - TRACKER 150 S



Latar Belakang 
Banyak Konsumen yang menanyakan apakan perbedaan antara KLX 150 dan D-Tracker 150S. Pada dasarnya KLX 150S dan D-Tracker 150S adalah saudara kembar. Trail vs Supermoto

Kawasaki D-Tracker 150S

Keduannya Mengusung mesin dengan tipe yang sama dan kemampuan yang hampir serupa.

Kawasaki KLX 150S


Persamaan antara KLX 150S dan D-Tracker 150S:









Suspensi Belakang :


Unitrack Suspension System

KLX 150S dan D-Tracker 150S menggunakan Unitrack Single Shock dengan 5 tingkat penyetelan/ setting kekerasan yang akan memberikan kenyamanan berkendara di segala medan/ kondisi jalan


Mesin Kawasaki  KLX 150S

Mesin :
Untuk Mesin keduannya menggunakan tipe mesin yang sama, basis mesin single 4 tak 150cc tangguh dan ekonomis dan irit yang dilengkapi dengan karburator KEIHIN NCV24. Dengan konfigurasi mesin tegak maka didapat daya maksimum =11,7 PS/8000 rpm dan Torsi maksimum = 12Nm/6500 rpm

Type Mesin
4-Langkah, SOHC, 2 katup
Diameter x Langkah
58,0 x 54,4mm
Jumlah & Isi Silinder
1 buah & 144cc
Perbandingan Kompresi
9,5:1
Daya Maksimum
11,7PS / 8000 rpm
Torsi Maksimum
12 Nm / 6500 rpm
Karburator
Keihin NCV24
Sistem Starter
 Kick Starter & Electric Starter
Jumlah Transmisi
 5 speed return
Rasio Gigi
Ke-1: 2,917 (35/12)

Ke-2: 2,000 (32/16)

Ke-3: 1,474 (28/19)

Ke-4: 1,182 (26/22)

Ke-5: 1,000 (24/24)



Mesin Kawasaki D-Tracker 150S


Teknologi KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection System)
KSAI membuat KLX 150s dan D-Tracker 150 S Ramah lingkungan dari sisi emisi gas buang sesuai standart EURO 2, serta membuat pembakaran gas ekonomis dan Irit

Untuk detail gambar dan foto Kawasaki D-Trakser dan KLX bisa di lihat di



Sedangkan perbedaan antara keduannya adalah:

D-Tracker 150 S

D-Tracker 150S adalah motor serbaguna ber Genre Supermoto yang tangguh dan kuat di segala medan. Handling yang nyaman dan stabil. Dengan mesin yang powerfull cirikhas Trail versi jalan raua. Keunggulan sockbreaker Up-Side Down lembut di segala medan.

Spesifikasi:

Type Mesin
4-Langkah, SOHC, 2 katup
Diameter x Langkah
58,0 x 54,4mm
Jumlah & Isi Silinder
1 buah & 144cc
Perbandingan Kompresi
9,5:1
Daya Maksimum
11,7PS / 8000 rpm
Torsi Maksimum
12 Nm / 6500 rpm
Karburator
Keihin NCV24
Sistem Starter
 Kick Starter & Electric Starter
Jumlah Transmisi
 5 speed return
Rasio Gigi
Ke-1: 2,917 (35/12)

Ke-2: 2,000 (32/16)

Ke-3: 1,474 (28/19)

Ke-4: 1,182 (26/22)

Ke-5: 1,000 (24/24)
Perbandingan Gigi akhir
2,929 (41/14)
Jumlah Rasio Roda Gigi
8,434 pada Top Gear


Sistem pengapian
DC-CDi
Idle Speed
1400(+-50) rpm
Frame
High-Tensile steel, box-section perimeter
Jarak Poros Roda
1255 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 
230 mm
Berat maksimum / Berat kosong
229 kg / 109 kg
Beban Gandar Depan / Belakang
79 kg / 150 kg


Suspensi Depan
33mm Up-Side Down
Suspensi Belakang
UNI-TRAK®, swing arm Monoshock
Panjang x Lebar x Tinggi
1.900 X 770 X 1060 mm
Rem Depan
Hidrolic, single-Disc
Rem Belakang
Hidrolic, single-Disc
Roda Depan
100/80-14
Roda Belakang
120/80-14


Julur Depan
255 mm
Julur Belakang
390 mm
Tipe / Panjang Kemudi Handle Bar /
760mm
Sudut putar
42° ke kiri dan 43° ke kanan
Radius putar
2.010 mm



KLX 150S

KLX 150S adalah motor yang dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
KLX 150S motor Trail 4 Tak-150 cc yang pertam di Indonesia dan sangat cocok untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Tangguh untuk melintasi medan aspal maupun tanah. Dilengkapi dengan permorma mesin yang handal manjadikan KLX 150S mampu melintasi segala medan.

Spesifikasi

Type Mesin
4-Langkah, SOHC, 2 katup
Diameter x Langkah
58,0 x 54,4mm
Jumlah & Isi Silinder
1 buah & 144cc
Perbandingan Kompresi
9,5:1
Daya Maksimum
11,7PS / 8000 rpm
Torsi Maksimum
12 Nm / 6500 rpm
Karburator
Keihin NCV24
Sistem Starter
 Kick Starter & Electric Starter
Jumlah Transmisi
 5 speed return
Rasio Gigi
Ke-1: 2,917 (35/12)

Ke-2: 2,000 (32/16)

Ke-3: 1,474 (28/19)

Ke-4: 1,182 (26/22)

Ke-5: 1,000 (24/24)
Perbandingan Gigi akhir
2,929 (41/14)
Jumlah Rasio Roda Gigi
8,434 pada Top Gear


Sistem pengapian
DC-CDi
Idle Speed
1400(+-50) rpm
Frame
High-Tensile steel, box-section perimeter
arak Poros Roda
1285 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 
250 mm
Berat maksimum / Berat kosong
228 kg / 108 kg
Beban Gandar Depan / Belakang
79 kg / 150 kg


Suspensi Depan
33mm telescopic fork / 7.1 in.
Suspensi Belakang
UNI-TRAK®, swing arm Monoshock
Panjang x Lebar x Tinggi
1.900 X 770 X 1060 mm
Rem Depan
Hidrolic, single-Disc
Rem Belakang
Hidrolic, single-Disc
Roda Depan
70/100-19
Roda Belakang
90/100-16


Julur Depan
310 mm
Julur Belakang
380 mm
Tipe / Panjang Kemudi Handle Bar /
760mm
Sudut putar
43° ke kiri dan 43° ke kanan
Radius putar
2.010 mm


Perbedaan utama dari KLX 150S dan D-tracker 150S

Jarak Ke Tanah
KLX Jarak terendah ke tanah  : 250 mm
D-Tracker  Jarak Terendah Ke Tanah   :230 mm

Suspensi Depan 
KLX Suspensi Depan  : 33mm telescopic fork / 7.1 in. (kelebihan Telescopic dangan tabung fork berdiameter 33mm nenberikan kenyamanan dalam segala macam medan, terutama medan OFF ROAD)
D-Tracker Suspensi Depan                 :33mm Up-Side Down Front Folk (Kelebihan Nyaman dan sangat lembut untuk meredam medan jalan namun tetap stapil bila dipacu dalam kecepatan tinggi)


Ukuran Ban


Ban KLX 150S tipe knoby 

KLX 150s
Roda Depan  : 70/100-19
Roda Belakang          : 90/100-16

untuk ban KLX 150S menggunakan tipe Ban Knoby yaitu tipe ban bergerigi yang sangat baik untuk mencengkram tanah dan jalan yang tidak rata namum tetap stabil dalam kecepatan tinggi di jalan ber aspal.


Ban D-Tracker 150S Tipe Flat Tyre


D-Tracker 150s
Roda Depan                                 :100/80-14
Roda Belakang                                 :120/80-14

Untuk Ban D-Tracker Menggunakan Flat Tire yaitu ban aspal jenis Battlax yang memberikan keamanan dan kenyamanan prima.


Tujuan perbandingan

tujuan dari perbandingan kedua motor tersebut untuk mengetahui spesifikasi kedua motor tersebut dan untuk memberikan pengetahuan tentang motor semi off road ini kepada peminat agar dapat mengetahui kelebihan serta mungki kekurangannya,tidak lain juga untuk melengkapi tugas mata kuliah metodologi penelitian 

 

terimaksih saya ucapkan kepada:
Sumber: http://www.kawasakijatim.com/2012/07/perbedaan-dan-persamaan-klx-150s-dan-d.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar