Latar Belakang
Banyak Konsumen yang menanyakan apakan perbedaan antara KLX 150 dan
D-Tracker 150S. Pada dasarnya KLX 150S dan D-Tracker 150S adalah saudara
kembar. Trail vs Supermoto
|
Kawasaki D-Tracker 150S
|
Keduannya Mengusung mesin dengan tipe yang sama dan kemampuan yang hampir serupa.
Persamaan antara KLX 150S dan D-Tracker 150S:
Suspensi Belakang :
KLX 150S dan D-Tracker 150S menggunakan Unitrack Single Shock dengan 5
tingkat penyetelan/ setting kekerasan yang akan memberikan kenyamanan berkendara
di segala medan/ kondisi jalan
Mesin :
Untuk Mesin keduannya menggunakan tipe mesin yang
sama, basis mesin single 4 tak 150cc tangguh dan ekonomis dan irit yang
dilengkapi dengan karburator KEIHIN NCV24. Dengan konfigurasi mesin tegak maka
didapat daya maksimum =11,7 PS/8000 rpm dan Torsi maksimum = 12Nm/6500 rpm
Type Mesin
|
4-Langkah,
SOHC, 2 katup
|
Diameter x
Langkah
|
58,0 x
54,4mm
|
Jumlah
& Isi Silinder
|
1 buah
& 144cc
|
Perbandingan
Kompresi
|
9,5:1
|
Daya
Maksimum
|
11,7PS /
8000 rpm
|
Torsi
Maksimum
|
12 Nm /
6500 rpm
|
Karburator
|
Keihin
NCV24
|
Sistem
Starter
|
Kick
Starter & Electric Starter
|
Jumlah
Transmisi
|
5
speed return
|
Rasio Gigi
|
Ke-1:
2,917 (35/12)
|
Ke-2:
2,000 (32/16)
|
|
Ke-3:
1,474 (28/19)
|
|
Ke-4:
1,182 (26/22)
|
|
Ke-5:
1,000 (24/24)
|
Teknologi KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection System)
KSAI membuat KLX 150s dan D-Tracker 150 S Ramah lingkungan dari sisi emisi
gas buang sesuai standart EURO 2, serta membuat pembakaran gas
ekonomis dan Irit
Untuk detail gambar dan foto Kawasaki D-Trakser dan KLX bisa di lihat di
Sedangkan perbedaan antara keduannya adalah:
D-Tracker 150 S
D-Tracker 150S adalah motor serbaguna ber Genre Supermoto yang tangguh dan kuat di segala medan. Handling yang nyaman dan stabil. Dengan mesin yang powerfull cirikhas Trail versi jalan raua. Keunggulan sockbreaker Up-Side Down lembut di segala medan.
D-Tracker 150S adalah motor serbaguna ber Genre Supermoto yang tangguh dan kuat di segala medan. Handling yang nyaman dan stabil. Dengan mesin yang powerfull cirikhas Trail versi jalan raua. Keunggulan sockbreaker Up-Side Down lembut di segala medan.
Spesifikasi:
Type Mesin
|
4-Langkah,
SOHC, 2 katup
|
Diameter x
Langkah
|
58,0 x
54,4mm
|
Jumlah
& Isi Silinder
|
1 buah
& 144cc
|
Perbandingan
Kompresi
|
9,5:1
|
Daya
Maksimum
|
11,7PS /
8000 rpm
|
Torsi
Maksimum
|
12 Nm /
6500 rpm
|
Karburator
|
Keihin
NCV24
|
Sistem
Starter
|
Kick
Starter & Electric Starter
|
Jumlah
Transmisi
|
5
speed return
|
Rasio Gigi
|
Ke-1:
2,917 (35/12)
|
Ke-2:
2,000 (32/16)
|
|
Ke-3:
1,474 (28/19)
|
|
Ke-4:
1,182 (26/22)
|
|
Ke-5:
1,000 (24/24)
|
|
Perbandingan
Gigi akhir
|
2,929
(41/14)
|
Jumlah
Rasio Roda Gigi
|
8,434 pada
Top Gear
|
Sistem
pengapian
|
DC-CDi
|
Idle Speed
|
1400(+-50)
rpm
|
Frame
|
High-Tensile
steel, box-section perimeter
|
Jarak
Poros Roda
|
1255 mm
|
Jarak
Terendah Ke Tanah
|
230 mm
|
Berat
maksimum / Berat kosong
|
229 kg /
109 kg
|
Beban
Gandar Depan / Belakang
|
79 kg /
150 kg
|
Suspensi
Depan
|
33mm
Up-Side Down
|
Suspensi
Belakang
|
UNI-TRAK®,
swing arm Monoshock
|
Panjang x
Lebar x Tinggi
|
1.900 X
770 X 1060 mm
|
Rem Depan
|
Hidrolic,
single-Disc
|
Rem
Belakang
|
Hidrolic,
single-Disc
|
Roda Depan
|
100/80-14
|
Roda
Belakang
|
120/80-14
|
Julur
Depan
|
255 mm
|
Julur
Belakang
|
390 mm
|
Tipe /
Panjang Kemudi Handle Bar /
|
760mm
|
Sudut
putar
|
42° ke
kiri dan 43° ke kanan
|
Radius
putar
|
2.010 mm
|
KLX 150S
KLX 150S adalah motor yang dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
KLX 150S motor Trail 4 Tak-150 cc yang pertam di Indonesia dan sangat cocok untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Tangguh untuk melintasi medan aspal maupun tanah. Dilengkapi dengan permorma mesin yang handal manjadikan KLX 150S mampu melintasi segala medan.
KLX 150S adalah motor yang dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari.
KLX 150S motor Trail 4 Tak-150 cc yang pertam di Indonesia dan sangat cocok untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Tangguh untuk melintasi medan aspal maupun tanah. Dilengkapi dengan permorma mesin yang handal manjadikan KLX 150S mampu melintasi segala medan.
Spesifikasi
Type Mesin
|
4-Langkah,
SOHC, 2 katup
|
Diameter x
Langkah
|
58,0 x
54,4mm
|
Jumlah
& Isi Silinder
|
1 buah
& 144cc
|
Perbandingan
Kompresi
|
9,5:1
|
Daya
Maksimum
|
11,7PS /
8000 rpm
|
Torsi
Maksimum
|
12 Nm /
6500 rpm
|
Karburator
|
Keihin
NCV24
|
Sistem
Starter
|
Kick
Starter & Electric Starter
|
Jumlah
Transmisi
|
5
speed return
|
Rasio Gigi
|
Ke-1:
2,917 (35/12)
|
Ke-2:
2,000 (32/16)
|
|
Ke-3:
1,474 (28/19)
|
|
Ke-4:
1,182 (26/22)
|
|
Ke-5:
1,000 (24/24)
|
|
Perbandingan
Gigi akhir
|
2,929
(41/14)
|
Jumlah
Rasio Roda Gigi
|
8,434 pada
Top Gear
|
Sistem
pengapian
|
DC-CDi
|
Idle Speed
|
1400(+-50)
rpm
|
Frame
|
High-Tensile
steel, box-section perimeter
|
arak Poros
Roda
|
1285 mm
|
Jarak
Terendah Ke Tanah
|
250 mm
|
Berat
maksimum / Berat kosong
|
228 kg /
108 kg
|
Beban
Gandar Depan / Belakang
|
79 kg /
150 kg
|
Suspensi
Depan
|
33mm
telescopic fork / 7.1 in.
|
Suspensi
Belakang
|
UNI-TRAK®,
swing arm Monoshock
|
Panjang x
Lebar x Tinggi
|
1.900 X
770 X 1060 mm
|
Rem Depan
|
Hidrolic,
single-Disc
|
Rem
Belakang
|
Hidrolic,
single-Disc
|
Roda Depan
|
70/100-19
|
Roda
Belakang
|
90/100-16
|
Julur
Depan
|
310 mm
|
Julur
Belakang
|
380 mm
|
Tipe /
Panjang Kemudi Handle Bar /
|
760mm
|
Sudut
putar
|
43° ke
kiri dan 43° ke kanan
|
Radius
putar
|
2.010 mm
|
Perbedaan utama dari KLX 150S dan D-tracker 150S
Jarak Ke Tanah
KLX Jarak terendah ke tanah : 250 mm
D-Tracker Jarak Terendah Ke Tanah :230 mm
Suspensi Depan
KLX Suspensi Depan : 33mm telescopic fork / 7.1 in. (kelebihan
Telescopic dangan tabung fork berdiameter 33mm nenberikan kenyamanan dalam
segala macam medan, terutama medan OFF ROAD)
D-Tracker Suspensi Depan
:33mm Up-Side Down Front Folk (Kelebihan Nyaman dan sangat lembut
untuk meredam medan jalan namun tetap stapil bila dipacu dalam kecepatan
tinggi)
Ukuran Ban
KLX 150s
Roda Depan : 70/100-19
Roda Belakang : 90/100-16
untuk ban KLX 150S menggunakan tipe Ban Knoby yaitu tipe ban bergerigi yang
sangat baik untuk mencengkram tanah dan jalan yang tidak rata namum tetap
stabil dalam kecepatan tinggi di jalan ber aspal.
D-Tracker 150s
Roda Depan
:100/80-14
Roda Belakang
:120/80-14
Untuk Ban D-Tracker Menggunakan Flat Tire yaitu ban aspal jenis Battlax
yang memberikan keamanan dan kenyamanan prima.
Tujuan perbandingan
tujuan dari perbandingan kedua motor tersebut untuk mengetahui spesifikasi kedua motor tersebut dan untuk memberikan pengetahuan tentang motor semi off road ini kepada peminat agar dapat mengetahui kelebihan serta mungki kekurangannya,tidak lain juga untuk melengkapi tugas mata kuliah metodologi penelitian
terimaksih saya ucapkan kepada:
Sumber: http://www.kawasakijatim.com/2012/07/perbedaan-dan-persamaan-klx-150s-dan-d.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar